Mari Dicoba 

5 Buah  Ampuh Turunkan Kolesterol

Ilustrasi buah-buahan

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Buah nanas tentu sudah tak asing di telinga kita. Buah berwarna kuning ini disebut bisa menurunkan kolesterol tinggi. Namun bagi anda yang tidak suka mengonsumsi nanas tak perlu khawatir. Pasalnya selain nanas masih ada beberapa buah yang ampuh untuk menurunkan kolesterol.Buah lain yang juga ampuh turunkan kolesterol tinggi Selain buah nanas, ada pula beberapa jenis buah lain yang juga mampu menurunkan kolesterol tinggi. Menurut  dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, beberapa macam buah yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol antara lain:

1. Apel
Sebuah penelitian di The Florida State University menemukan bahwa wanita lanjut usia yang mengonsumsi apel setiap hari selama 6 bulan mengalami penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) hingga 23% dan mengalami peningkatan kadar kolesterol baik (HDL) sebanyak 4%.

Hal itu diduga berkat kandungan polifenol pada apel yang dapat menghambat proses oksidasi dari kolesterol jahat. Dengan ini, risiko pembentukan plak dan penyempitan pembuluh darah bisa diminimalkan.

2. Pisang
Tahukah anda bahwa pisang juga mampu menurunkan kolesterol tinggi? Ini karena pisang mengandung serat yang mampu menghambat penyerapan kolesterol di dalam darah. Selain itu, buah berwarna kuning ini juga memiliki kandungan kalium atau potasium yang mampu menjaga kesehatan pembuluh darah.


3. Stroberi
Hasil penelitian mengatakan bahwa stroberi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat di dalam darah. Tak hanya itu, serat dan fitosterol yang ada pada buah ini juga bisa menurunkan kadar trigliserida, yang pada akhirnya menekan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

4. Jus Jeruk
Jeruk kaya akan kandungan sterol, yang diduga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebuah penelitian menemukan peningkatan kadar HDL hingga 21% pada pria dan wanita yang mengonsumsi 750 mililiter jus jeruk setiap hari. Kadar kolesterol baik (HDL) yang tinggi berkaitan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

5. Anggur
Mengonsumsi buah anggur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida. Ini karena pterostilbene yang dimiliki anggur bisa memengaruhi enzim yang terlibat dalam proses pengaturan kadar lemak darah.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar